×

Categories

FORGOT YOUR DETAILS?

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL (LKTIN) PGSD UNIVERSITAS SARJANAWIYATATAMANSISWA

Ikatan Mahasiswa Program Studi (IMPS) PGSD merupakan salah satu wadah organisasi yang menaungi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Selain itu Ikatan Mahasiswa Program Studi merupakan wadah yang bernaung di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Dalam berproses dipandang perlu pengurus organisasi memberikan inovasi yang baru sehingga mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman, selain itu sesuai dengan kebutuhan mahasiswa karena sesungguhnya manusia sudah banyak yang cerdas namun mencari manusia yang kreatif, inovatif sangatlah minim. Menjadi tanggung jawab mahasiswa untuk menyelesaikan problem tersebut dimulai dari lingkungan organisasi, kampus sampai pada tataran masyarakat.

Ikatan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) yang diadakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Karena Ikatan Mahasiswa Program Studi (IMPS) Pendidikan Guru Sekolah Dasar melihat bahwa problem masyarakat maupun kaum terpelajar termasuk mahasiswa sekarang ini adalah kurang berminat dalam menulis maupun membaca. Adanya kegiatan LKTIN ini diharapkan dapat memotivasi pelajar Indonesia khususnya kalangan mahasiswa maupun mahasiswi agar lebih giat lagi dalam membaca dan menulis serta mampu menuangkan ide-ide mereka dalam bentuk tulisan. Berbicara konteks menulis dan membaca masih banyak mahasiswa yang susah dalam menuangkan idenya dalam tulisan dan menjadi masalah serius yang harus diselesaikan secara bersama. Pelaksanaan LKTIN menghadirkan para pembicara-pembicara yang sudah ahli di dalam bidang penulisan karya tulis ilmiah sehingga dengan diadakan LKTIN ini para pelajar khususnya dikalangan mahasiswa dapat lebih giat lagi dalam mengembangkan kreativitas menulis maupun membaca.

Peran serta mahasiswa sebagai penerus bangsa, pemimpin bangsa dimulai dari sebuah karya. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghasilkan generasi maupun mahasiswa yang mampu menghasilkan karyanya lewat tulisan. Meminjam kata sastrawan Indonesia yaitu Promoedya Ananta Toer bahwa, ‘‘Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang didalam masyarakat dan dari sejarah”. Budaya menulis perlu ditularkan kepada seluruh komponen bangsa khususnya kalangan mahasiswa agar mampu mewariskan cita-cita luhur para founding father kita yang terlebih dahulu menuangkan ide dan gagasannya melalui tulisan. Selain itu organisasi merupakan wadah belajar mahasiswa untuk membentuk manusia merdeka lahir dan batin tanpa dikekang oleh manusia lain. Kaum intelektual memiliki tanggung jawab moral sebagai insan pencipta, pengabdi dan insan yang bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil dan makmur sehingga dipandang perlu mahasiswa maupun kaum intelektual memiliki pengetahuan yang dapat berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dan negara. Bangsa yang besar merupakan bangsa yang disegani didunia melalui tulisan dan karyanya. Melalui kegiatan menulis kita juga akan dikenal dan diingat sepanjang tulisan itu masih ada walaupun jiwa dan ragamu telah tiada, marilah menulis agar namamu akan selalu dikenang sampai kapanpun.

Kegiatan Lomba Karya Tulis lmiah Nasional (LKTIN) dengan tema “Inovasi Pendidikan dalam Peningkatan Daya Saing Bangsa Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” berlangsung pada hari Sabtu 04 Mei 2019, bertempat di ruang Ki Hadjar Dewantara Kampus 1 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Kegiatan LKTIN diselenggarakan guna meningkatkan literasi karya ilmiah bagi mahasiswa. Acara kegiatan LKTIN yang telah dilaksanakan diikuti oleh beberapa perguruan tinggi baik negeri dan swasta, yakni: Universitas Muhammadiyah Makasar, Universitas Pasundan, Universitas Nahdatul Ulama Surabaya, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Mulawarman.

Lebih lanjut, kegiatan LKTIN berlangsung sangat kompetitif dengan berbagai ide, gagasan, serta konsep yang telah dipersiapkan oleh masing-masing peserta perguruan tinggi. Setiap peserta telah mengirimkan berbagai pesan berupa sebuah inovasi dan temuan-temuan terbaharukan yang telah dipersiapkan dan dipresentasikan dengan baik dengan orientasi era revolusi industry 4.0.

 Berakhirnya kegiatan LKTIN diharapkan menghasilkan sebuah ilmu dan pengetahuan yang bisa diimplementasikan guna menunjang aktivitas kependidikan. Kegiatan LKTIN diselenggarakan tidak hanya mendorong peserta kegiatan hanya untuk saling berkompetisi, namun lebih jauh untuk saling mengenalkan sebuah inovasi hasil dari kreativitas mahasiswa peserta dari masing-masing representatif perguruan tinggi.

Berdasarkan hasil penilaian oleh dewan juri yang berkompeten, kegiatan LKTIN memutuskan hasil inovasi pendidikan dalam peningkatan daya saing bangsa menghadapi era revolusi industri 4.0 menjadi beberapa kategori juara umum dan juara harapan, yakni juara 1 dengan skor nilai 552 Universitas Negeri Yogyakarta, juara 2 dengan skor nilai 484 Universitas Pasundan, juara 3 dengan skor nilai 476 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, juara  harapan 1 dengan skor nilai 463 Universitas Muhammadiyah Makasar, juara harapan 2 dengan skor nilai 453 Universitas Mulawarman. dan juara harapan 3 dengan skor nilai 399 Universitas Nahdatul Ulama Surabaya.

 “Inovasi Pendidikan dalam Peningkatan Daya Saing Bangsa

Mengahadapi Era Revolusi 4.0”

Peserta LKTIN 2019 berjumlah 62 dari berbagai universitas di Indonesia kemudian diseleksi 6 peserta yang lolos grandfinal. Berdasarkan skor total tertinggi dari penilaian reviewer internal, diperoleh artikel terbaik sebagai berikut. 

NO

Nama Peserta dalam Tim

Perguruan Tinggi

Judul

Juara

1

a.    Widya Gustian Ramadhanty

b.   Kurnia Sri Wahyuni

Universitas Pasundan

Penerapan Model Project Citizen Berbasis Moodle dalam Pengembangan Pendidikan di Era Industri 4.0

Juara II

Skor 484

2

a.    Syarifah Wahdania

b.   Rezkita Mutia Angrana Ansar

c.    Diah Fitriani

Universitas Muhammadiyah Makasar

Kabel (Tikar Belajar) Sebagai Metode Fun Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Jalanan di Era Revolusi Industri 4.0

Harapan I

Skor 463

3

a.    Rr. Fadila Kusumaning Ayu

b.   Silvi Puspita Sari

c.    Berliana Yunarti Setiawan

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Desentralisasi Kurikulum L-Cy pada Sekolah Dasar Berbasis Bahasa Lokal

Harapan III

Skor 399

4

a.    Vitry Rayani Bethesda Saragih

b.   Siti Laelatul Fadilah

c.    Maya Ronika Valentina Siagian

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Sipasda (Sistem Informasi Pembelajaran Siswa Sd) Sebagai Wujud Inovasi Pelaksanaan Tripusat Pendidikan

Juara III

Skor 468

5

a.    Darul Hamim

b.    Albi Anggito

c.    Adlan Nufahaidar

Universitas

Negeri Yogyakarta

Komik Barakarta (Bangunan Bersejarah Yogyakarta): Inovasi Komik Edukatif Berbasis Augmented Reality Sebagai Upaya Pengenalan Bangunan Bersejarah Yogyakarta pada Siswa Tunarunggu di Sekolah Dasar

Juara I

Skor 552

6

a.    Filza Sigit Pratama

b.   Nur Ainun

c.    Risky Eka Putri

Universitas Mulawarman

Muli (Museum Keliling) Desain Museum dalam Bus Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Sejarah dan Budaya Bagi Pelajar di Daerah Kawasan Terluar, Terdepan, Tertinggal (3T) di Indonesia

Harapan II

Skor 453

Juri Final LKTIN 2019

  1. Farid Ahmadi, S.Kom.,M.Kom.,Ph.D. (Dosen UNNES, Ketua Himpunan Dosen PGSD Wilayah Jawa.
  2. Siti Anafiah, M.Pd. (Dosen PGSD UST).
  3. Eko Yuliyanto, S.Pd.Si.,M.Pd. (Dosen UNIMUS).
TOP